Pengertian Asuransi

\ \ 2 comments
Asuransi merupakan sebuah tindakan manejemen resiko terhadap suatu kerugian finansial, terutama resiko kerugian yang bersifat kontingen. Asuransi dapat diartikan pula sebagai suatu sistem atau tindakan untuk melimpahkan, mengalihkan, atau mentrasfer resiko yang ditanggung kepada pihak lain dengan syarat melakukan pembayaran premi dalam jangka waktu tertentu secara teratur sebagai ganti polis yang menjamin perlindungan terhadap resiko yang di dapat. Ada beberapa sumber yang membahas definisi tentang asuransi, yaitu:

  1. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia(KBBI) asuransi didefisinisikan sebagai perjanjian antara dua pihak, pihak yang satu berkewajiban membayar iuran dan pihak yang lain berkewajiban memberikan jaminan sepenuhnya kepada pembayar iuran apabila terjadi sesuatu yang menimpa pihak pertama atau barang miliknya sesuai dengan perjanjian yang dibuat.
  2. Definisi asuransi menurut Kitab Undang-undang Hukum Dagang (KUHD) Republik Indonesia : "Asuransi atau pertanggungan adalah suatu perjanjian, dengan mana seorang penanggung mengikatkan diri pada tertanggung dengan menerima suatu premi, untuk memberikan penggantian kepadanya karena suatu kerugian, kerusakan atau kehilangan keuntungan yang diharapkan, yang mungkin akan dideritanya karena suatu peristiwa yang tak tertentu."
  3. Definisi asuransi menurut Prof. Mehr dan Cammack : "Asuransi merupakan suatu alat untuk mengurangi resiko keuangan, dengan cara pengumpulan unit-unit exposure dalam jumlah yang memadai, untuk membuat agar kerugian individu dapat diperkirakan. Kemudian kerugian yang dapat diramalkan itu dipikul merata oleh mereka yang tergabung."
  4. Definisi asuransi menurut Prof. Mark R. Green: "Asuransi adalah suatu lembaga ekonomi yang bertujuan mengurangi risiko, dengan jalan mengkombinasikan dalam suatu pengelolaan sejumlah objek yang cukup besar jumlahnya, sehingga kerugian tersebut secara menyeluruh dapat diramalkan dalam batas-batas tertentu."
  5. Definisi asuransi menurut C. Arthur William Jr dan Richard M. Heins, mereka berdua mendefinisikan asuransi dari dua sudut pandang yang berbeda, yaitu:
               a. "Asuransi adalah suatu pengaman terhadap kerugian finansial yang dilakukan oleh seorang penanggung."
               b. "Asuransi adalah suatu persetujuan dengan mana dua atau lebih orang atau badan mengumpulkan dana untuk menanggulangi kerugian finansial."

Secara garis besar asuransi terdiri dari 3 macam, yaitu:

  1. Asuransi Kerugian
    Terdiri dari asuransi untuk harta benda (asuransi property, asuransi kendaraan), kepentingan keuangan (pecuniary), tanggung jawab hukum (liability) dan asuransi diri (kecelakaan atau kesehatan).
  2. Asuransi Jiwa
    Pada hakekatnya merupakan suatu bentuk kerja sama antara orang-orang yang menghindarkan atau minimal mengurangi risiko yang diakibatkan oleh risiko kematian (yang pasti terjadi tetapi tidak pasti kapan terjadinya), risiko hari tua (yang pasti terjadi dan dapat diperkirakan kapan terjadinya, tetapi tidak pasti berapa lama) dan risiko kecelakaan (yang tidak pasti terjadi, tetapi tidak mustahil terjadi). Kerjasama mana dikoordinir oleh perusahaan asuransi, yang bekerja atas dasar hukum bilangan besar (the law of large numbers), yang menyebarkan risiko kepada orang-orang yang mau bekerjasama. Yang termasuk dalam program asuransi jiwa seperti : asuransi untuk pendidikan, pensiun, investasi, tahapan, kesehatan.
  3. Asuransi Sosial
    Asuransi sosial adalah program asuransi wajib yang diselenggarakan pemerintah berdasarkan UU. Maksud dan tujuan asuransi sosial adalah menyediakan jaminan dasar bagi masyarakat dan tidak bertujuan untuk mendapatkan keuntungan komersial.
Sumber referensi
http://kamusbahasaindonesia.org/asuransi
http://www.perfspot.com/docs/doc.asp?id=84714
http://radenbeletz.com/macam-macam-asuransi.html
http://www.definisionline.com/2010/12/pengertian-asuransi.html
Klikgaul.com Portal Berita artis ,K-Pop , Zodiak, Love Paling Keren dan Update

2 comments:

  1. Asuransi dasarny hmm, biar harta kita terselamatkan. tp difinisiny bukan itu aj :ngakak

    BalasHapus
  2. intinya sedia pyung sebelum ujan :D

    BalasHapus