Apa Sih NoFollow dan DoFollow Itu?

\ \ 0 comments
NoFollow dan DoFollow
Sudah menjadi barang langka tutorial seperti ini di blog saya, karena sebagian besar blog ini hanya berisikan Tutorial Blogger saja. Untuk itu kali ini saya akan membahas secara singkat saja, apa maksud dari NoFollow dan DoFollow.

NoFoloow dan DoFollow , tentu saja istilah ini sangatlah terkenal dalam dunia perbloggeran. Mengapa hal tersebut sangat terkenal? Karena di beberapa blog pasti ada tulisan yang kurang lebih seperti ini. "Blog ini DoFollow, gunakan Name/URL untuk mendapatkan backlink."
Biar tidak bingung lanju saya jelaskan lagi pengertian dari NoFollow dan DoFollow itu.

Pengertian NoFollow

NoFollow sebenarnya merupakan sebuah atribut dalam link pada nama anchor link kita saat kita berkomentar di blog yang lain. Dengan adanya atribut NoFollow pada anchor link kita, biasanya atribut tersebut seperti ini rel='nofollow' atau seperti ini rel='external nofollow' , kedua atribut tersebut memiliki arti yang sama tetapi terdapat perbedaan, tunggu postingan selanjutnya untuk mengetahui perbedaannya. Dalam hal ini atribut tersebut mencegah crawler menelusuri link tersebut, sehingga link tersebut tidak dihitung sebagai backlink.

Pengertian DoFollow

Secara garis besar DoFollow merupakan kebalikan dari NoFollow, sehingga link kita dianggap sebagai backlink. Karena crawler yang sedang menjelah di artikel atau postingan tempat kita berkomentar akan menelusuri link kita dan akan singgah pula di alamat blog/website yang berada di anchor link tersebut. Oleh karena itu komentar kita akan dianggap sebagai backlink.
Kurang lebih seperti itulah Pengertian NoFollow dan DoFollow, sehingga bisa ditarik kesimpulan bahwa bila kita melakukan komentar pada blog DoFollow maka kita akan mendapatkan backlink, tentu dengan adanya backlink akan berimbas juga pada backlink kita. Tapi ingat jika berkomentar pada blog DoFollow jangan melakukan Spam komentar, mengapa? Karena sudah jelas mereka pemilik blog sudah berbaik hati memberi backlink secara percuma alias gratis kepada kita, jadi kita juga harus memiliki tata krama dalam komentar bukan hanya berkomentar spam yang hanya bertujuan mencari backlink saja.

Tidak ada komentar: